Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Cara Melihat Bit Laptop Windows 10/8/7

3 min read

cara melihat bit laptop

Cara Melihat Bit Laptop – Pada Windows sendiri terdapat 2 jenis bit yang banyak digunakan, yaitu 32 bit dan 64 bit. Bit sendiri memiliki perang yang cukup penting karena berpengaruh terhadap fungsi dan performa dari sebuah laptop. Cara melihat bit laptop sendiri cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

Ada tentunya juga harus mengetahui jenis bit yang digunakan pada laptop. Pasalnya, prosesor yang menggunakan tipe 32 bit tentu tidak akan bisa menggunakan operasi sistem 64 bit. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai Cara Melihat Bit Laptop yang sedang digunakan.

Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit

1. Jumlah RAM

Perbedaan dasar dari 32 bit dan 64 bit adalah pada jumlah maksimal RAM yang digunakan. Pada basis sistem 32 bit tentunya memiliki batasan RAM yang lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe 64 bit.

Sistem operasi tipe 32 bit hanya dapat berjalan secara optimal untuk penggunaan RAM yang kurang dari 4 GB. Sedangkan untuk sistem operasi tipe 64 bit dapat digunakan lebih dari 4 GB RAM.

Oleh dari itu, jika Anda ingin menggunakan laptop untuk berbagai keperluan sebaiknya menggunakan laptop dengan sistem operasi tipe 64 bit. Untuk sistem operasi 32 bit tetap dapat digunakan namun tidak disarankan untuk menjalankan program yang berat.

2. Performa

Tentuny sistem operasi tipe 64 bit memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan tipe 32 bit. Hal ini disebabkan karena prosesor 64 bit adalah versi terbaru dari 32 bit yang telah menggunakan teknologi yang lebih baik.

Tidak hanya itu saja, prosesor 64 bit pun dapat menyimpan lebih banyak nilai komputasi yang dapat mencapai 4 miliar kali lebih banyak memori jika dibandingkan dengan prosesor tipe 32 bit.

3. Kompatibilitas Aplikasi

Perbedaan yang paling menonjol dari prosesor 64 bit dan 32 bit adalah dari kompatibilitas aplikasi yang dapat digunakan di PC/laptop. Jika perangkat PC/laptop yang Anda gunakan masih 32 bit, maka tentu tidak dapat menjalankan aplikasi yang spesifikasinya 64 bit.

Biasanya aplikasi yang memiliki spesifikasi 64 bit memiliki ukuran yang cukup besar jika dijalankan, seperti aplikasi desain, video editing, hingga game yang memiliki resolusi grafik tinggi.

Sebaliknya, jika PC/laptop yang Anda gunakan memakai prosesor 64 bit, maka dapat menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

Cara Melihat Bit Laptop Windows 10

1. Melalui System Properties

Cara pertama untuk melihat bit laptop adalah dengan melalui fitur System Properties di perangkat laptop yang Anda gunakan. System Properties sendiri adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk memberikan informasi dari sistem operasi yang digunakan pada sebuah laptop.

Tidak hanya dapat melihat spesifikasi sistem operasi yang digunakan saja, Anda juga dapat melihat informasi terkait beberapa komponen hardware, tidak terkecuali bit dari prosesor yang digunakan.

Berikut ini adalah langkah untuk melihat bit laptop melalui fitur System Properties.

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka file explorer.
  • Jika jendela file explorer sudah terbuka, klik kanan pada menu This PC lalu pilih opsi Properties.
cara melihat bit laptop
  • Nantinya akan muncul jendela System Control Panel, disana Anda dapat melihat beberapa informasi terkait sistem operasi dan komponen hardware yang terdapat di laptop tersebut.
  • Untuk melihat tipe bit prosesor yang digunakan, dapat menuju ke bagian System type.
cara melihat bit laptop

2. Melalui System Information

Cara melihat bit laptop win 10 selanjutnya adalah dengan melalui System Information. System Information sendiri adalah sebuah aplikasi bawaan Windows yang berisi berbagai macam informasi terkait laptop yang digunakan, mulai dari jenis prosesor hingga tipe prosesor.

Aplikasi System Information sendiri tidak hanya dapat digunakan untuk perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 10, namun juga tersedia pada sistem operasi Windows 7 dan Windows 8/8.1.

Di bawah ini adalah beberapa langkah menggunakan System Information untuk melihat bit laptop yang sedang digunakan.

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol Start.
  • Setelah itu Anda dapat mengetikan “System Information” lalu pilih klik Open.
cara melihat bit laptop
  • Nantinya pada halaman System Information yang muncul, Anda dapat menuju ke bagian System Type, disana terdapat informasi tipe laptop yang sedang digunakan.
cara melihat bit laptop

3. Melalui CMD

Cara selanjutnya untuk melihat bit laptop yang sedang digunakan adalah dengan menggunakan fitur command prompt (CMD). Seperti yang diketahui, CMD adalah sebuah tools bawaan dari Windows yang dapat melakukan apa saja sesuai perintah Anda, salah satunya melihat spesifikasi.

Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan fitur CMD untuk melihat bit laptop yang sedang digunakan.

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol start lalu tuliskan Command Prompt. Klik Open untuk membukanya.
cara melihat bit laptop
  • Langkah selanjutnya pada halaman CMD Anda dapat mengetikkan “systeminfo” lalu tekan tombol Enter.
cara melihat bit laptop
  • Setelah itu akan muncul beberapa informasi spesifikasi dair laptop yang sedang Anda gunakan. Untuk melihat bit prosesor yang sedang digunakan, Anda dapat melihat di bagian System Type.
cara melihat bit laptop

Cara Melihat Bit Laptop Windows 8

Untuk cara melihat bit laptop kita menggunakan Windows 8 memiliki beberapa langkah yang sedikit berbeda dibandingkan Windows 10. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat bit laptop di Windows 8.

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu Power User.
  2. Setelah itu tekan kombinasi tombol keyboard Windows + x lalu klik opsi System.
  3. Jika halaman System sudah terbuka, Anda dapat mencari bagian System Type yang terdapat di bawah judul System. Disana nantinya akan terdapat informasi terkait bit laptop yang sedang digunakan.

Cara Melihat Bit Laptop Windows 7

Anda pun juga dapat melihat tipe bit yang digunakan melalui perangkat dengan sistem operasi Windows 7. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melihat bit pad alaptop dengan sistem operasi Windows 7.

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuka menu Start.
  2. Setelah itu klik kanan pada opsi Computer.
  3. Langkah selanjutnya Anda dapat memilih opsi Properties untuk membuka jendela System Information.
  4. Di bagian System Type, Anda dapat melihat tipe bit yang sedang digunakan oleh laptop tersebut.

Cara melihat bit laptop di atas dapat diterapkan oleh segala jenis merk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, dan masih banyak lagi. Cara untuk melihat bit laptop tentunya sangat mudah untuk Anda praktekkan sendiri tanpa perlu bantuan ahli komputer.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.