Cara Backup dan Restore Whatsapp Via Google Drive

cara backup dan restore whatsapp

Cara Backup dan Restore Whatsapp – Melakukan proses backup pada Whatsapp tentunya adalah hal yang cukup penting agar riwayat dan data yang tersimpan pada chat tersebut tidak hilang. Hal ini pun harus dilakukan sebagai langkah antisipasi jika perangkat Anda hilang, rusak, atau mengganti perangkat. Cara backup dan restore Whatsapp pun cukup mudah dilakukan, tidak terkecuali orang yang baru pertama kali melakukannya.

Selain melakukan backup, Whatsapp pun menyediakan fitur restore yang bisa Anda gunakan jika ingin mengunduh kembali file yang sudah terlanjur terhapus. Hal ini tentunya cukup penting jika yang terhapus adalah file penting yang memang sedang dibutuhkan segera. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah cara backup dan restore Whatsapp yang bisa Anda lakukan.

Cara Backup Whatsapp

Melakukan backup adalah hal yang wajib untuk dilakukan bagi setiap pengguna Whatsapp karena perannya yang cukup penting. Dengan melakukan backup, Anda tidak akan kehilangan data-data penting yang terdapat di chat jika terjadi sesuatu dengan perangkat yang sedang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan backup di Whatsapp.

  • Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Whatsapp di perangkat yang Anda gunakan.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka menu Settings yang terdapat di bagian pojok kanan atas halaman utama (ikon titik tiga).
Langkah selanjutnya adalah membuka menu Settings yang terdapat di bagian pojok kanan atas halaman utama (ikon titik tiga).
  • Jika sudah masuk ke halaman Settings, kemudian pilih opsi Chats.
Jika sudah masuk ke halaman Settings, kemudian pilih opsi Chats.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan dan akun untuk melakukan backup di bagian Google Drive settings.
Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan dan akun untuk melakukan backup di bagian Google Drive settings.
  • Di bagian waktu Anda dapat membuat backup harian, mingguan, atau bisa juga bulanan.
Di bagian waktu Anda dapat membuat backup harian, mingguan, atau bisa juga bulanan.
  • Anda juga dapat memilih jaringan yang digunakan untuk melakukan backup, menggunakan jaringan WiFi atau data.
Anda juga dapat memilih jaringan yang digunakan untuk melakukan backup, menggunakan jaringan WiFi atau data.
  • Setelah semua pengaturan sudah disesuaikan, maka sistem akan melakukan proses backup secara otomatis.

Sebagai catatan, untuk melakukan proses backup di Whatsapp harus menggunakan Google Drive, jadi pastikan terlebih dahulu jika akun Google Drive yang akan digunakan untuk backup memiliki ruang untuk menyimpan data yang terdapat di chat Whatsapp.

Cara Restore Data Whatsapp

Seperti halnya proses backup, proses restore pun memiliki peran yang tidak kalah penting. Jika Anda sudah melakukan proses backup, maka tentunya Anda dapat melakukan proses pengembalian data kembali seperti semula jika terjadi sesuatu dengan perangkat yang digunakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan restore di aplikasi Whatsapp.

  • Jika Anda melakukan restore, maka diasumsikan saja kalau Anda sudah mengganti perangkat baru atau juga baru melakukan proses hard reset yang membuat data menjadi hilang.
  • Langkah pertama yaitu menginstall aplikasi Whatsapp kembali untuk membuat akun baru.
  • Setelah itu melakukan verifikasi nomor ponsel yang masih aktif.
  • Kemudian pada halaman selanjutnya sistem secara otomatis akan menawarkan proses restore jika membaca nomor yang sama dengan akun yang sudah terdaftar di data base.
  • Anda dapat tap tombol Restore lalu menunggu proses restore bekerja untuk mengembalikan chat Whatsapp yang telah di backup ke akun Google Drive Anda sebelumnya.
  • Selagi menunggu proses restore selesai, Anda dapat mengubah nama dan mengatur beberapa fitur di Whatsapp agar sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan mengetahui cara backup dan restore Whatsapp, tentunya Anda tidak perlu takut kehilangan kontak atau data penting lainnya jika perangkat yang digunakan mengalami masalah seperti rusak atau mengganti perangkat baru.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here