Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis Windows 10/8/7

2 min read

cara agar laptop tidak sleep

Pastinya Anda pernah menemui kejadian laptop yang tiba-tiba dalam keadaan mati setelah ditinggalkan beberapa saat. Hal tersebut dapat dinamakan kondisi sleep, yaitu kondisi dimana layar laptop akan otomatis mati namun prosesor masih dalam keadaan standby. Namun kondisi sleep ini sering kali sedikit menyusahkan, hal ini yang menyebabkan banyak orang ingin mengetahui cara agar laptop tidak sleep.

Sleep sendiri memang memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah agar laptop bisa menghemat baterai lebih maksimal. Tentunya dalam kondisi menyala terus, baterai laptop akan cepat habis, jadi fitur sleep ini lah yang dapat membantu dalam menghemat baterai. Namun terdapat beberapa kondisi yang memang membutuhkan agar laptop tidak sleep secara otomatis.

Yuk, simak inilah cara agar laptop tidak sleep otomatis terbaru lengkap beserta gambarnya.

1. Windows 10

Windows 10 dikenal memiliki beberapa fitur canggih yang tentunya cukup membantu dalam segala aktivitas, salah satunya adalah fitur sleep ini. Namun terdapat juga cara agar laptop tidak sleep saat ditinggal yang bisa Anda lakukan.

Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur sleep di perangkat laptop Windows 10.

  • Pada bagian desktop Anda dapat klik kanan lalu pilih opsi Display Settings.
Pada bagian desktop Anda dapat klik kanan lalu pilih opsi Display Settings.
  • Langkah selanjutnya pilih menu Power & sleep.
Langkah selanjutnya pilih menu Power & sleep.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda dapat mengatur fitur sleep dengan mengubahnya ke opsi Never untuk menonaktifkannya.
Pada halaman selanjutnya, Anda dapat mengatur fitur sleep dengan mengubahnya ke opsi Never untuk menonaktifkannya.

Langkah-langkah di atas pun dapat Anda lakukan sebagai cara agar laptop tidak sleep ketika ditutup. Perlu diperhatikan, nantinya disana akan terdapat 2 kolom, yaitu kolom Screen dan Sleep. Agar tidak bingung, berikut ini adalah penjelasan mengenai kolom Screen dan Sleep tersebut.

  • Screen

Kolom ini berfungsi untuk mematikan layar dalam jangka waktu tertentu. Jadi nantinya yang mati hanya layarnya saja, ketika Anda menggerakan keyboard atau mengetuk tombol di keyboard secara otomatis layar akan kembali menyala.

  • Sleep

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka jika Anda tidak menggerakan laptop dalam jangka waktu tertentu, maka secara otomatis sistem akan masuk ke mode Sleep.

Pada mode Sleep sendiri terdapat 2 pengaturan, yaitu “On Battery Power, PC goest to sleep after” yang dapat digunakan jika Anda menggunakan laptop dengan hanya menggunakan daya baterai saja, tanpa di cas.

2. Windows 8

Walaupun sudah jarang digunakan, namun terdapat beberapa orang yang masih menggunakan sistem operasi Windows 8 di perangkat laptopnya. Anda dapat menonaktifkan fitur Sleep menggunakan menu Control Panel di perangkatnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan control panel untuk menonaktifkan fitur Sleep di Windows 8.

  • Langkah pertama yaitu membuka menu Control Panel.
  • Setelah itu Anda dapat masuk ke menu Hardware and Sounds.
  • Jika halaman sudah terbuka, pilih Power Options lalu pilih opsi Change Plan Settings.
  • Kemudian Anda dapat mengatur menu “Put Computer to Sleep After” menjadi “Never“.

Terdapat cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar laptop tidak sleep secara otomatis. Cara ini pun hampir mirip dengan cara sebelumnya, berikut adalah beberapa langkah-langkahnya.

  • Klik kombinasi tombol Windows + R.
  • Langkah selanjutnya ketik powercfg.cpl lalu klik tombol OK.
  • Kemudian Anda dapat klik opsi Change Plan Settings.
  • Di menu “Put Computer to Sleep“, Anda dapat mengubahnya menjadi “Never“.

3. Windows 7

Untuk cara agar laptop tidak sleep saat download jika Anda menggunakan Windows 7 tidak jauh berbeda dengan menggunakan Windows 8. Anda dapat menggunakan bantuan menu Control Panel untuk menonaktifkan fitur SLeep otomatis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan menu Control Panel untuk menonaktifkan fitur SLeep otomatis di Windows 7.

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka menu Control Panel.
  • Setelah itu Anda dapat masuk ke menu Hardware and Sounds.
  • Kemudian klik menu Power Options.
  • Langkah selanjutnya klik Change Plan Settings lalu setting “Put Computer to Sleep” menjadi “never“.

Dengan mengetahui cara agar laptop tidak sleep, Anda dapat menghindari kondisi laptop berubah ke kondisi sleep sendiri. Anda dapat mengatur setting di atas secara manual agar tidak terganggu dengan mod Sleep yang otomatis aktif tersebut.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.