Alat Musik Ritmis : Pengertian, Fungsi Jenis Beserta Contoh

alat musik ritmis

Di Indonesia ada berbagai macam alat musik yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah alat musik ritmis. Alat musik ini juga sering digunakan didalam musik/lagu sebagai elemen penting dalam pertunjukan sebuah acara musik nantinya. Alat musik ritmis ini hanya dapat mengeluarkan beberapa nada lagu untuk mengiringi alat musik yang lainnya.

Sesuai dengan namanya, alat musik ritmis juga memiliki nada yang tetap. Alat musik ritmis juga dapat digunakan untuk pembantuan dan menyesuaikan lagu tempo lagu teraratur. Setiap alat musik ritmis memiliki caranya sendiri untuk dimainkan, mulai dari digoyang hingga dipukul untuk menghasilkan bunyi.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat mengeluarkan/membunyikan nada-nada lagu tertentu, melainkan hanya digunakan sebagai pengiring irama lagu dan pengatur tempo lagu. Contoh alat musik ritmis antara lain kendang, tifa, conga, tamborin, rebana dan masih banyak lagi.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Koreografi

Alat musik ritmis dapat digunakan untuk mengiringi tarian-tarian sebelum melakukan koreografi. Hal ini dirujukan untuk mengatur penanda dan tempo perpindahan gerakan ke gerekan yang lain.

Harmonisasi Dengan Alat Musik Lain

Alat musik ritmis ini merupakan alat musik penyempurna dari intrumen alat musik lainnya. Terutama banyak digunakan dalam pertunjukan musik orkestra, karena alat musik ritmis ini mempunyai peranan penting dan kegunaan dalam pertunjukkan nanti.

Pengiring Lagu

Dengan menggunakan alat musik harmonis sebenarnya dapat membuat sebuah lagu, tetapi alat musik ritmis dapat digunakan untuk menghidupkan lagu menjadi lebih enak didengar di telingga.

Tanda Untuk Pemain Musik

Pemain/komposer biasanya mengunakan alat musik ritmis sebagai penanda sebuah musik. Lantaran alat musik ritmis ini digunakan sebagai penanda perpindahan musik intro, verse, dan reff.

Mengatur Tempo

Lagu yang harmonis dan enak di dengar harus dibawakan dengan tempo dan irama yang tepat. Alat musik ritmis ini yang dijadikan pemandu pemain musik dalam mengatur tempo dari sebuah lagu yang akan dimainkan nanti.

Jenis Alat Musik Ritmis

Nah, sekarang kita akan membahas macam-macam alat musik ritmis dan bagaimana cara memainkannya!

Kendang

Kendang
Source : bsd.city

Kendang menjadi alar musik daerah yang terkenal di Indonesia, terutama di provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Lantaran alat musik ini menjadi alat musik khas dari daerah tersebut. Kendang sendiri terbuat dari kayu yang ditutupi dengan kulit sapi di bagian samping kanan dan kirinya. Alat musik ritmis yang satu ini sering kali digunakan di acara-acara tradisional. Belakangan ini, kendang juga sudah mulai sering digunakan di musik kontemporer sebagai alat musik pengiring.

Cara memainkannya, dengan memukul bagian yang dilapisi oleh kulit sapi. Sudah ada beberapa sekolah/universitas di luar negeri yang sudah mengajarkan siswa/mahasiswanya bagaimana cara mengunakan alat musik ritmis kendang ini.

Tifa

Tifa

Tifa menjadi alat musik ritmis yang sudah di kenal oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah Malauku dan Papua. Alat musik ini juga mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan kendang, terutama cara memainkanya sama seperti kendang yaitu dengan di pukul bagian yang terlapisi oleh kulit. Biasanya, tifa dimainkan oleh masyarakat Indonesia Timur saat upacara adat tradisional.

Fungsinya sendiri sebagai pengiring lagu serta tarian-tarian khas adat tradisional masyarakat setempat. Tifa terbuat dari kayu yang tengahnya diberi lubang/rongga yabg nantinya diberi lapisan kulit hewan. Bentukya sendiri lebih panjang dan ramping dari pada kendang.

Conga

Konga
Source : hanyaberbagi.com

Masih dari alat musik ritmis yang sejenis. Kali ini alat musik konga yang tidak kalah tenarnya dengan kendang dan tifa. Alat musik konga sudah cukup dikenal di dunia. Di negara asalnya sendiri, yaitu Afrika dan masyarakat disana menyebutnya dengan nama tumbora.

Untuk bentuknya hampir menyerupai kendang begitu pula dengan cara memainkanya sama seperti kendang yaitu dengan dipukul. Alat musik konga juga mempunyai alat bantu yang terbuat dari besi yang nantinya digunakan sebagai penyangga konga.

Konga juga dapat dimainkan/dipadukan dengan musik pop modern. Benruknya pun sudah mengikuti perubahan zaman. Alat musik konga juga terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

Tamborin

Tamborin
Source : http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Alat musik ritmis ini dapat mengeluarkan dua jenis suara pada saat kita mainkan nanti. Suara pertama berupa suara pukulan yang dihasilkan dari bagian kulit. Sedangkan suara kedua berupa suara gemerincing yang dihasilkan dari bagian samping pada saat kita pukul atau goyangkan.

Tamborin ini dapat kita mainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Sudah banyak dari kalangan musisi yang mengunakan tamborin dalam karya-karya mereka. Di era modern sekarang sudah banyak tamborin yang dapat kita jumpai, bahkan ada juga yang terbuat dari plastik.

Rebana

Rebana
Source : upload.wikimedia.org

Rebana merupak alat musik ritmis yang bentuknya hampir mirip dengan tamborin. Alat musik yang berasal dari Melayu ini sering digunakan dalam menggiringi musik-musik bernuansa Islam. Di Indonesia rebana digunakan oleh masyarakatnya untuk beberapa pertunjukan seni dan adat-istiadat.

Untuk cara memainkan rebana ini cukup mudah, yaitu dengan cara dipukul pada bagian yang terlapisi oleh kulit sesuai irama yang dimainkan nanti. Kalian juga dapat memukul dengan cepat atau lambat.

Kastanyet

Kastanyet

Kastanyet menjadi alat musik ritmis yang memiliki bentuk seperti kerang kecil. Beberapa orang yang membuat alat musik kastanyet ini memberinya berbagai warna yang menarik perhatian. Jadinya, banyak yang menggagap alat musik kastanyet sebagai mainan oleh beberapa orang.

Cara memainkan alat musik kastanyet ini dengan cara menyatukan kedua sisinya seperti kalaian sedang tepuk tangan. Karena bentuknya yang kecil ini, alat musik kastanyet hanya bisa dimainkan dengan dua jari atau tiga jari (jempol, telunjuk dan jari tengah).

Simbal

Simbal
Source : alicdn.com

Alat musik ritmis yang satu ini memiliki bentuk bulat seperi cakram, yang terbuat dari logam. Simbal memiliki berbagai ukaran, mulai dari yang kecil hingga besar.

Simbal sendiri dibagi menjadi dua, yaitu satu simbal dan dua simbal (simbal tangan). Untuk satu simbal, biasanya dimainkan dengan cara memukul mengunakan tongkat stik atau tangan. Sedangkan, simbal tangan biasanya dimainkan dengan cara memadukan dua simbal yang ditepuk.

Triangle

Triangle
Source : http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/triangle–seni-musik?lang=id

Alat musik ritmis yang berikutnya sudah ada sejak abad 16. Triangle terbuat dari logam yang dipanjangkan, kemudian dibentuk menjadi segitiga. Tetapi untuk ujung satu dengan yang satunya tidak saling bersentuhan. Dan pada salah satu sudutnya terdapat tali yang nantinya digunakan untuk memegang triangle ini. Cara memainkan triangle cukup mudah, yaitu dengan dipukul pada bagian manapun.

Alat musik ritmis yang satu ini, sudah mulai digunakan di berbagai genre musik, mulai dari dangdut, pop, dan jazz.

Marakas

Marakas
Source : thegorbalsla.com

Alat musik ritmis berikutnya ialah marakas. Alat musik marakas meliki suara bunyi yang meriah. Marakas biasanya digunakan untuk mengiringi musik-musik yang dapat membuat badan kalian bergoyang.

Marakas memiliki bentuk bola besar diujungnya yang dapat mengeluarkan bunyi/suara saat kalian mengoyang-goyangkannya, serta memiliki pengangan dibagian bawahnya.

Drum

Source : musicradar.com

Salah satu alat musik ritmis yang mudah kita jumpai adalah drum. Alat musik drum mulai digemari oleh kaum muda. Alat musik ini berbentuk bulat/lingkaran yang terbuat dari plastik atau kulit yang nantinya dipukul mengunakan stik yang terbuat dari kayu.

Biasaya drum digunakan oleh musisi tanah air untuk mengiringi peetunjukkan musik bergenre pop, jazz dan rock.

Itu dia tadi beberapa contoh alat musik ritmis yang cukup populer dan cara memainkannya. Biarpun tidak memiliki nada yang yang berbeda-beda, kalian perlu banyak berlatih agar bisa memainkannya dengan benar. Setidaknya kalian harus tau irama lagu serta tempo lagu agar kalian bisa membawakan lagu mengunakan alat musik ritmis yang ada diatas tadi.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here