Posted by on Jul 11, 2012 in D.I.Yoggyakarta, Jawa, Jawa Tengah, Tempat Wisata | 0 komentar

tag : , , , , ,

Candi yang dibangun oleh Wansa Sanjaya sekitar tahun 850 M ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Nusantara, atau bahkan di Asia Tenggara. Candi yang memiliki tinggi sekitar 47 meter tersebut menempati areal seluas 39,8 hektare.

Wisatawan yang datang ke Candi Prambanan ini akan bisa melihat bahwa struktur bangunannya sudah melambangkan inti dari ajaran Hindu, yaitu Trimurti. Hal tersebut dapat dicermati dari adanya tiga candi yang terdapat di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Siwa, dan Brahmana.

Relief Ramayana Candi Prambanan

Relief Ramayana Candi Prambanan

Selain itu, masing-masing candi utama tersebut memiliki satu candi pendamping, yaitu Garuda untuk Wisnu, Nandini untuk Siwa, dan Angsa untuk Brahmana. Di halaman kedua, wisatawan akan menemukan sebanyak 224 candi.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Candi Prambanan adalah kisah Ramayana yang tertuang dalam bentuk relief pada dinding candi. Selain itu, ada relief lain yang bisa ditemukan, yaitu relief pohon kalpataru, yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, serta keserasian lingkungan. Bagi wisatawan yang ingin lebih mengetahui cerita kisah Ramayana, setiap bulan purnama di candi ini dijadwalkan diadakan acara bernama Sendratari Ramayana Prambanan. Wisatawan dapat melihat tarian epik yang menceritakan kisah dari Ramayana tersebut.

Sendatari Ramayana di Prambanan

Sendatari Ramayana di Prambanan

Misteri lain yang ada pada Candi Prambanan ini adalah konon terdapat legenda kisah cinta sepihak dalam pembangunan Candi Prambanan antara Pangeran Bandung Bondowoso dengan Putri Loro Jonggrang anak Sang Raksasa yang cantik jelita. Oleh karena legenda tersebut Candi Prambanan sering disebut dengan Candi Roro Jonggrang atau Candi Sewu (Candi 1000).

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas audio visual bagi wisatawan yang ingin mengetahui secara detail sejarah ditemukan candi ini hingga proses renoasinya. Sedangkan bagi wisawatan yang mengajak anak-anak, di kawasan ini juga tersedia taman bermain anak.

Candi Prambanan termasuk wilayah Desa Prambanan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya Yogyakarta-Solo.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar kawasan ini terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin mencari makan, di kawasan wisata itu juga dapat dijumpai banyak warung makan dan restonran dengan sajian menu yang menggugah selera.

Selain itu, wisatawan juga bisa mendapatkan oleh-oleh, seperti gantungan kunci, replika Candi Prambanan, dan lain-lain, yang banyak dijual di toko atau pedagang asongan yang menjajakan dagangan di kawasan wisata ini.

Incoming search terms:

  • relief candi prambanan
  • Relief candi prambanan terdapat Di daerah
  • legenda relief ramayana
  • reliefCANDI PRAMBANAN
  • relief yang terdapat pada dinding candi prambanan menceritakan tentang kisah
  • relief yang terdapat pada dinding candi prambanan menceritakan kisah tentang
  • relief pada candi prambanan memceritakan kisah
  • candi prambanan menceritakan tentang apa
  • legenda menceritakan tentang candi pariwisata
  • foto sendratari ramayana candi prambanan
url pendek: http://bit.ly/NeeNBM

Air Terjun Ambon Aquarium arca Badung Banana Boat Bandung Bayah Belanja Belerang Bintan Bubur Bukit Candi Cirebon Danau Desa Diving Flying Fox Gua Gunung Hiu Hutan Gambut Ikan Bakar Jakarta Jayapura Jogja jual tiket pesawat Karang Karanganyar Kawah Kebumen Kebun Binatang Kepulauan Kerajaan Keraton Kerinci konawe labuhan Legenda Lombok Magelang Malang Manado MIe Mistis Museum Pandeglang Pantai Pasir Putih Pelangi Perahu Polewali Poso Pulau Pura relief Riau Sate Selat Snorkeling Speed Boat Sriwijaya stalagmit Stalagtit start up Sukabumi Sukawati Sungai Sunrise Sunset Surfing Taman Burung Taman Laut Taman Nasional Tanjung Tapanuli Tebing Telaga Tempat Bermain Tentena Ternate Terumbu Karang tidore Tugu Voli Pantai Wisata Alam Wisata Budaya Wisata Edukasi Wisata Keluarga Wisata Penelitian Wisata Religi Wisata Sejarah


Ingin berkunjung ? ya | tidak